Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Seiring bertambahnya usia, banyak orang yang sering mengeluh mengalami kemunduran fungsi otak. Ada yang karena menderita penyakit, ada pula yang memang mengalami proses degradatif (kemunduran fisik).
Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus
Berikut ini tips dari WebMD yang patut dicoba, agar otak tetap cerdas, tajam, dan fokus:

1. Selalu gunakan bagian lain dari otak untuk berpikir
Quote:Latih fungsi otak anda agar selalu tajam dalam berpikir. Seseorang yang lebih aktif dalam tantangan aktivitas mental memiliki resiko yang lebih kecil menderita Alzheimer atau penyakit otak lainnya. Upaya seperti membaca buku, pergi ke suatu acara perkuliahan atau mendengarkan siara berita di radio dapat dicoba.
Quote:Kalo ane nangkepnya sih gunakan multi panca indra sesering mungkin biar otak menerima informasi dari berbagai sumber indra

2. Mecoba mengingat suatu momen secara acak
Quote:Para peneliti di Duke University melakukan beberapa cara secara acak untuk mengembalikan dan menyeimbangkan fungsi otak. Metode ini disebut Neurobics, misalnya menggunakan anggota tubuh yang berlawanan untuk menulis. Bila anda menulis menggunakan tangan kanan, cobalah menjadi kidal, begitu pula sebaliknya. Mencari jalan lain untuk berangkat atau pulang kerja juga upaya yang dapat ditempuh.

3. Olahraga agar tetap terampil
Quote:Olahraga yang sifatnya meningkatkan denyut jantung seperti berjalan kaki, berenang memiliki nilai tambah untuk perkembangan mental. Penelitian di bidang kesehatan juga menyebutkan, bila aktivitas fisik dapat menambah asupan darah ke dalam otak. Olahraga juga mengoptimalkan kerja sel syaraf di otak.
Quote:Nah kalo yang ini terbukti manjur, biasanya sebelum ujian paginya ane olah raga dan hirup udara segar. hasilnya pas ujian otak ane rada encer. hehe

4. Makanan sehat sebagai suplemen otak
Quote:Mengalami obesitas di usia yang muda terkait erat dengan penyakit demensia. Begitu pula dengan mengkonsumsi makan tinggi kolesterol akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat meningkatkan resiko demensua. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih makanan atau cara mengolahnya. Seperti misalnya, mengolah dengan cara dipanggang atau dibakar, atau menggunakan minyak yang berasal dari kacang atau biji bijian.
Quote:Dari artikel lain yang pernah ane baca, katanya kacang tanah dan walnut yang bentuk kulitnya menyerupai otak memang bagus buat otak gan. Tapi yang paling meyakinkan sih makan ikan laut karena kaya omega 3 yang bagus buat otak

5. Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda minum
Quote:Tahukah anda, bila alkohol memiliki efek buruk jangka panjang untuk lobus frontal, atau bagian terpenting dari inti otak yang berguna menyimpan memori? Kerusakan ini bahkan dapat menjadi kerusakan permanen apabila alkohol diiminum terlalu banyak. Jumlah yang dianggap cukup untuk perempuan adalah satu gelas sehari dan dua gelas sehari untuk pria.

6. Video game kadang membantu melatih otak
Quote:Beberapa penelitian menyebutkan, bermain video game merangsang bagian otak yang mengontrol gerak, ingatan, perencanaan , dan keterampilan motorik halus. Meski begitu, beberapa ahli lain mengatakan, video game hanya membuat Anda lebih baik di dunia game
Quote:Nah kalo yang ini ane paling demen gan, soalnya gampang dan asik. hehe.. biasanya kalo video game sih jarang yg bikin pinter, tapi kalo game dari apps banyak. Kalo ane maen ini buat ngelatih konsentrasi dan kecepatan berfikir. Namanya Rolling Egg Coaster.
Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus
Kalo agan dan sista pribadi boleh pilih game apa aja yang paling disuka. yang penting bisa ngelatih otak, gak cuma game tembak2an loncat2an gak berguna dan ngabisin waktu


7. Bermusik dapat melatih otak
Quote:Bermain alat musik di usia muda dapat memberikan efek baik jangka panjang yang dapat dirasakan ketika seseorang tua. Bermusik dapat meningkatkan kemampuan dalam merencanakan sesuatu hal. Bermusik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan koordinasi antara otak dan syaraf motorik pada tangan serta leher.

8. Memperbanyak teman untuk berbagi cerita
Quote:Mengobrol dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk mempertajam pemikiran Anda. Mengobrol dapat anda lakukan dimana saja, baik di rumah, di lingkungan tempat kerja. Penelitian membuktikan aktivitas sosial dapat meningkatkan fungsi otak. Jadi segeralah bergabung dengan aktivitas sosial dengan menjadi sukarelawan atau membentuk komunitas.
Quote:Kalo yang ini kayaknya bener banget. Soalnya dulu pas libur panjang ane pernah maen game seminggu suntuk tanpa banyak komunikasi ama orang lain, dan tiba2 ane jadi bego

9. Menenangkan diri
Quote:Terlalu banyak tekanan dapat merusak bagian abu-abu otak yang menyimpan banyak sel syaraf untuk memproses informasi. Beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menenangkan otak antara lain dengan cara mengambil nafas panjang, temukan sesuatu yang dapat membuat Anda tertawa, mendengarkan musik atau cobalah untuk meditasi.

10. Tidur yang cukup
Quote:Tidur cukup sebelum dan sesudah mempelajari sesuatu. Dengan tidur yang cukup akan membantu Anda untuk tetap fokus dan tidak mengantuk saat menyimak informasi ke otak. Waktu tidur yang baik untuk perkembangan memori orang dewasa adalah 7- 8 jam setiap malam.

Sumber dari m.tempo:
Quote:https://m.tempo.co/read/news/2016/02...ajam-dan-fokus
Kalo agan dan sista merasa trit ini berguna, sudi kiranya diberi dan ditraktir
Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

KOMENTAR DARI AGAN DAN SISTA:Quote:Original Posted By namibuncis ?
ane kayaknya pernah ngebaca artikel juga tentang komunikasi. emang harus sering komunikasi kita karena manusia makhluk sosial. kalo gak komunikasi bisa menurunkan IQ katanya sista

eh rolling egg coaster ya? ane jg main. masuk leaderboard gak sista? ehem.. mau nyombongin skor ane

Quote:Original Posted By chulz90 ?
Buat agan2 yg muslim, satu lgi gan tips buat mempertajam dan mengasah otak. agar lebih fokus. "puasa" gan

Quote:Original Posted By togeazmi ?
mantap gan...
ane coba ah tips nya bakal menghadapi sidang skripsi hahahahaha

Quote:Original Posted By baiq56 ?
Narkoba senjata paling ampuh ngancurin otak.. udah terbukti dari lingkungan yg ane liat... bener bener idiot.

Quote:Original Posted By apex24 ?
sering berbagi ilmu juga bisa melatih otak. klo kata orang, air di gelas gak bakalan penuh klo gak tumpah/luber . pahami sendiri maksudnya...

Quote:Original Posted By fitrah240897 ?
baca qur'an gan bisa mempertajam otak+menenangkan pikiran


Tambahan materi pendukung dari agan saputra73
Quote:Original Posted By saputra73 ?
Ane mau nambahin gan

10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak


1. Ikan � Ikan untuk yang kesehatan yang baik.
Spoiler for 1:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Herring, salmon, tuna, sarden, teri, halibut, makarel dan ikan air dingin lainya adalah sumber Omega 3 asam lemak, merupakan komponen utama untuk otak, retina dan jaringan saraf lainnya.
Penelitian telah menunjukan bahwa asam lemak Omega3 dapat meningkatkan energi, kemampuan belajar, keterampilan memecahkan masalah,meningkatkan daya ingat dan meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak.



2. Kedelai
Spoiler for 2:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Makanan yang terbuat dari kedelai organik seperti susu, tahu kaya akan kolin, lesitin dan isoflavon.
Kolin telah terbukti memberi dampak positif terhaap perkembangan otak selain memperlambat kehilangan memory, lesitin membantu dalam mencega pengendapan plak dalam otak dan isoflavon membantu meningkatkan fungsi kognitif, kefasihan, memori logis, kognisi spasial dan daya ingat.



3. Buah berwarna dan jeruk


Spoiler for 3:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus
Makanlah makanan yang berwarna, dan Anda dijamin dapat meningkat kekuatan otak. Terutama alpukat ampuh dalam meningkatkan aliran darah ke otak karena mereka mengandung lemak tak jenuh.
Buah-buahan yang bermanfaat lainya yang memiliki dapak positif pada otak dan membantu mengingat informasi denga cepat adalah melon, semangka, tomat, plum, nanas, jeruk, apel, anggur, buah kiwi, persik dan ceri.



4. Berry
Spoiler for 4:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Blueberry dikenal dapat meningkatkan keterampilan motorik dan kemampuan belajar. Sementara stroberi kaya fisetin, flavonoid yang dapat meningkatkan daya ingat. Elderberyy, rasoberry, blackberry memiliki manfaat meningkatkan kekuatan otak melalui antioksidan yang dikandungnya.


5. Cruciferous dan sayuran berdaun hijau
Spoiler for 5:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Ibumu mempunyai alasan baik memaksa anda memakan brokoli. Kubis, lobak, kale, kubis Brussel, brokoli, bayam, sawi hijauru dan water cress dapat membantu mempertahankan ingatan. Sayuran lain yang baik dalam meningkatkan otak adalah bawang, paprika merah, selada, wortel, asparagus, okra, jamur, brokoli dan kecambah.


6. Coklat
Spoiler for 6:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Coklat tidak hanya lezat, tapi juga bermanfaat untuk otak dan dapat meningkatkan mood. Stimulan alami meningkatkan produksi endorfin yang meningkatkan fokus dan konsentrasi. Susu coklat memiliki manfaat untuk meningkatkan memori verbal dan visual dan meningkatkan kontrol implus dan respon. Coklat hitam megandung flavanol yang dapat meningkatkan suplai darah ke otak dan membantu meningkatkan kemampuan kognitif.


7. Kacang-kacangan
Spoiler for 7:
Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus
Maanfaat Vitamin E, B6, folat, Omega 3, Omega 6 asam lemak, dan antioksidan yang terkandaung dalam kacang dapat meningkatkan kekuatan otak dan ruh meningkatkan mood.
Seluruh farian kacang, seperti kacang mete, almond, walnut, hezanut, kacang tanah, kacang brasil dan kacang pecan memiliki manfaat untuk otak.

8. Biji
Spoiler for 8:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Biji rami merupakan sumber Omega 3 asam lemak. Biji bunga matahari mengandung triptofan dan tiamin dan Vitamin B yang meningkatkan ingatan dan fungsi kognitif.


9. Seluruh Jenis Biji-bijian
Spoiler for 9:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus

Beras mengandung folat yang tinggi. Oatmeal, beras merah, roti gandum, sereal barley dan popcoorn meningkatkan aliran darah ke otak. Roti gandum mengandung Vitamin B6, sedangkan biji gandum mengandung tiamin yang meningkatkan ingatan.


10. Kacang-kacangan dan Biji.


Spoiler for 10:

Tips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus
Kerja otak dipengaruhi oleh glukosa, dan karena tubuh tidak memproduksi sendiri glukosa maka dibutuhkan sumber dari luar seperti kacang-kacangan. Manfaat antioksidan, zat besi dan nutrisi lain pada kacang membantu menstabilkan kadar gula darah. Kacang polong, lentil, kacang merah, dan berbagai kacang-kacangan membantu energi otak



ane trima breh masukannya
Keluarga gunarso juga pinter gan..
berbagi pengetahuan yang paling ampuh bre
wahh padahal tritnya mengenai tips2 yah, tapi ada unsur penyakit Alzheimer juga, wah jadi ngeri gan..
Wah alkohol bisa bikin otak rusakya coy
Bakal ane coba bray
Iya sih sista sebenernya gampang tips2 nya, cuma kadang kitanya yg sering males. haha..

btw tuh game app nya makan memori gede gak? HP ane jadul, hehe..
Kurangi coli
adek main game pepsiman om, ntap
gampang lupa juga gak bray??
meditasi juga mampu mencerdaskan.. fokus.. dan lebih empati..

walau meditasi terkadang sulit
apalagi kalo lagi banyak fikiran
no 10 penting!
Quote:Original Posted By abighifari22 ?
Keluarga gunarso juga pinter gan..


kalau kakak pinter gak kakTips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus
Quote:Original Posted By adekgantengom ?
adek main game pepsiman om, ntap


emot nya kok gak ada dekTips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus
Quote:Original Posted By alpella ?


kalau kakak pinter gak kakTips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus


Gua mohon dengan sangat tolong lu baca berita ini gan http://m.badmintalk.com/news/Taufik-Berikan-Jempol-Pada-Fu-Haifeng-yang-Bercakap-Indonesia.htm https://www.facebook.com/AsSyafiq/videos/300648333630695/
Otak ane udah ane gade bre gimana dong
Quote:Original Posted By alpella ?
emot nya kok gak ada dekTips Mudah Menjaga Agar Otak Tetap Cerdas, Tajam, dan Fokus



lupa bang, ntar adek ambil dulu
Dongdot game "ROLLING EGG COASTER dimana tuh breeh???
gemboked
Via: Kaskus.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top