Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Quote:Warning : Only for serious readers
Peringatan : Hanya untuk pembaca serius


Spoiler for HT:

Terimakasih atas support agan2 semuanya hingga Thread ane jadi HT!!!


Spoiler for Disclaimer:
Thread ini bukan copas dari thread dengan topik sejenis. Baca dulu sebelum ngomong REPOST GAN karena ini murni tulisan ane



Selamat malam gan!! berhubung belum bisa tidur dan lagi pingin nulis,sekarang ane pingin ngomongin tentang lamanya waktu tidur orang-orang hebat dalam sejarah gan



Quote:Pembukaan
Buat agan2 yang belum tidur, sekarang coba kita itung gan berapa lama sih kita tidur?
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

1. Anak Kuliah
andaikata kita tidur jam 12 malam nih gan karena kerjain tugas atau ikut aktivitas organisasi, lalu ada kuliah jam 7 pagi, otomatis kita bakal tidur 6 jam sehari karena kita harus bangun jam 6.

2. Anak Cabut Kuliah / Kuliah Siang
Nah kalau kita cabut kuliah, atau lagi rada santai, tidur jam 12, bangun jam 8-9an, kita tidur 8 jam gan.

3. Anak Udah Gawe
Buat yang udah kerja, tidur jam 9/10, trus bangun jam 6/7 biar gak telat masuk kantor, apalagi yang tinggal di JKT dan rumah di Bekasi..bangun jam setengah 5. Okey jadi kita tidur kurang lebih 8 jam juga

4. Anak Kalong / Anak Malem
Apalah gunanya tidur cepet kalau malam begitu terang? marilah kita baru tidur ketika orang2 dan tetangga bangun solat subuh. dan kita bangun ketika orang2 udah selesai makan siang.. maka kita tidur paling puas gann! 10 jam!


Kalau dihitung, apabila kita melakukan rutinitas seperti itu, kita menghabiskan 1/3 dari seluruh hidup kita buat tidur??!

Shocked?? sama gan....

Karena itu ane cari tau nih gan berapa lama orang2 pemikir hebat itu tidur, karena konon katanya temen ane, Albert Einstein (salah satu orang terpintar dan pemikir terhebat sepanjang masa) ngga pernah tidur gan.


Jadi? ayo cekidot gan dibawah!


Quote:Science Section
sebelum ngomongin jam tidur, kita kudu tau dlu hal - hal ini gan

Apa itu tidur?
Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.
sumber : id.wikipedia.org/wiki/Tidur
okeei, jadi tidur itu intinya waktu istirahat buat kita nih. Trus,

Berapa lama bagusnya kita tidur?
Dari sumber ini , ane dapet jumlah waktu tidur rekomendasi National Sleep Foundation itu sbg berikut :
Bayi yang baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam per hari
Bayi (4-11 bulan): 12 � 15 jam per hari
Balita (1-2 tahun): 11-14 jam per hari
Anak pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam per hari
Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam per hari
Remaja (14-17): 8-10 jam per hari
Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam per hari
Dewasa (26-64): 7-9 jam per hari
Orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun): 7-8 jam per hari

Apa sih akibat kurang tidur?
Halusinasi
Mudah marah
Penurunan kognitif
Mudah lupa
Menguap parah
Gejala mirip dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
Gangguan penilaian moral
Berkurangnya kemampuan reaksi dan akurasi
Getaran (meriang atau mengigil)
dll dll dll ane aja uda ngeri bacanya..nih liat ndiri gan disini



Okeh gan cukup introduksinya, sekarang ke inti permasalahan, abis liat cuplikan dari film ironman 3 ini

Spoiler for Setrikaan:



"Einstein slept 3 hours a year. Look what he did." kata Tony Stark.


SERIUSAN?? Oke mari kita liat aja disini :

1. Leonardo Davinci
Spoiler for Davinci:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Siapa yang gak tau beliau? Mona Lisa? Vitruvian Man? Oke, beberapa sumber menyatakan bahwa Da Vinci mampu bangun dan sadar selama 22 jam penuh setiap harinya! Beliau hanya tidur 1.5 sampai 2 jam perhari dengan cara tidur 15-20 menit setiap 4 jam dia bangun.

Sistem tidur seperti ini dinamakan polyphasic sleep gan (penjelasan dibawah). Namun banyak yang menyatakan pula bahwa kebiasaan tidur Da Vinci ini hanya mitos dan gak ada sumber yang pasti buat membuktikan pernyataan ini gan.

Kesimpulan :
Waktu tidur : 1.5 - 2 jam / hari
Hidup selama : 67 tahun



2. Nikola Tesla
Spoiler for Tesla:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Ini dia gan inventor terhebat sepanjang masa (menurut ane), mulai dari sistem AC pd listrik, X-Ray, Radio, sampe Death Ray! Beliau mengaku bahwa waktu tidurnya setiap hari hanya sebanyak 2-3 jam! Namun sumber lain menyatakan ketika sedang tenggelam dalam penelitiannya, beliau bisa bangun dan sadar selama seharian penuh dan tidur pula selama seharian penuh.

Bener2 pemikir hebat...

Kesimpulan :
Waktu Tidur : 2 - 3 jam / hari
Umur : 87 tahun



3. Thomas Jefferson
Spoiler for Jefferson:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Founding father sekaligus presiden ketiga Amerika Serikat ini juga merupakan polyphasic sleeper yang hanya tidur 2 jam sehari. Namun di surat ke Doctor Vine Utley (1819), Jefferson menulis tentang kebiasaan tidurnya. Ternyata waktu tidurnya beliau tidak regular, beliau tidur di waktu yang tidak tentu, dan selalu meluangkan 30 menit waktu fokus untuk membaca sblm tidur, dan dia bakal gak langsung tidur kalau bacaannya menarik, dan dia selalu bangun di saat fajar.

Kesimpulan
Waktu Tidur : 2 jam / hari (irregular)
Umur : 83 tahun



4. Thomas Edison
Spoiler for Edison:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Penemu yang mengukir sejarah juga gan (tapi tetep menang Tesla!), Gramofon, Lampu listrik, dan ratusan penemuan lainnya dia ciptakan sepanjang hidupnya yang diisi waktu tidur kurang dari 5 jam sehari. Begini quotesnya dia gan :

Quote:"Most people overeat 100 percent, and oversleep 100 percent, because they like it. That extra 100 percent makes them unhealthy and inefficient. The person who sleeps eight or ten hours a night is never fully asleep and never fully awake - they have only different degrees of doze through the twenty-four hours."

intinya : kita kelebihan makan dan kelebihan tidur, karena kita suka, bukan karena kita butuh.


Lucunya gan, ada sumber lain mengatakan bahwa apa yang diomongkan beliau itu nggak sepenuhnya benar dia jalankan. Memang dia menyatakan bahwa tidur lama itu tanda orang malas, tapi beliau tidur jauh lebih lama dari yang dia akuin. Beliau ternyata banyak tidur singkat selama bekerja, bahkan tempat tidurnya dimasukin ke museum edison gan.

Ketika Edison bekerja, dia bisa gak tidur selama berhari-hari, dengan tidur singkat-singkat. Di saat lain, beliau bisa tidur selama seharian penuh, dan cuma bangun buat makan ringan, trus balik tidur lagi.

Kesimpulan :
Waktu Tidur : <5 jam / hari (irregular)
Umur : 84 tahun



5. Sir Isaac Newton
Spoiler for newton:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Gravitasi? Apel? Hukum tarik menarik? Perputaran bumi terhadap matahari? Principia Mathematica? wew salah satu scientist terhebat sepanjang masa gan. Tapi semua itu butuh pengorbanan. Karena kebiasaannya yang terlalu sering kerja nonstop, dia jadi sakit2an karena kelelahan. Beliau hanya butuh 3-4 jam sehari untuk tidur. Tapi toh dia bisa hidup sampe 84 tahun gan. Panjang umur..

Ada quotes dari seseorang tentang Newton yang patut kita baca gan :
Quote:"He was suddenly struck by an amazing thought. Perhaps the moon was trying to fall to earth (a much larger mass than the moon). Perhaps there was some other force preventing it from doing so. What if the centrifugal force pulling the moon away from the earth was perfectly balanced with gravity force pulling the moon toward the earth? If that were true it might also account for the movement of the earth around the sun, in fact all the planets. How about the entire universe? Wow! What a concept. No wonder he couldn�t sleep."

Translate:
"Beliau tiba2 mendapat pencerahan yang luar biasa. Mungkin bulan sebenarnya mencoba jatuh ke bumi (yang massanya lebih besar dari bulan). Mungkin ada 'kekuatan/gaya' lain yang mencegah terjadinya hal tersebut. Bagaimana jika gaya sentrifugal yang terjadi pada bulan dan bumi itu sama dengan gaya gravitasi yang menarik bulan ke bumi? Bila itu benar maka hal ini bisa diterapkan pada perputaran bumi terhadap matahari, BAHKAN seluruh planet. Bagaimana dengan seluruh semesta? Wow! Konsep yang luar biasa. Jelas saja beliau tidak bisa tidur"


Salut banget gan sama bapak yg satu ini..

Kesimpulan :
Waktu Tidur : 3-4 jam / hari
Umur : 84 tahun



6. Napoleon Bonaparte
Spoiler for Napoleon:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Salah satu kaisar termahsyur dalam sejarah Eropa. Beliau merupakan salah satu raja dan ahli strategi terbaik dalam sejarah. Tokoh yang dipuja, sekaligus kontroversial. Ya, Napoleon namanya. Denger namanya aja kalau ane langsung merinding gan... Jadi, konon katanya, beliau hanya tidur dari jam 12 malam sampai 2 pagi, lalu bangun, kerja, dan tidur lagi jam 5 sampai jam 7 pagi : 4 jam sehari gan.

Kesaksian dari perwira nya, ketika kelelahan beliau akan menyerahkan komando ke jenderalnya, lalu memerintahkan tidak boleh ada gangguan apapun selama 30 menit. Abrakadabra, setelah itu Napoleon bakal kembali segar dan berenergi, siap untuk beraksi!

Namun, sumber lain mengatakan bahwa akibat dari kurang tidurnya itulah beliau mengalami kekalahan di Waterloo, dan umurnya tidak panjang karena stress (mungkin gak berhubungan sama tidur yah?)

Kesimpulan :
Waktu Tidur : 4 jam / hari + 30 menit recharge energi
Umur : 52 tahun



7. Albert Einstein
Spoiler for Einstein:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal

Nah akhirnya kita ke yang satu ini nih, Tony Stark bilang Einstein tidur 3 jam per tahun. Orang bilang dia tidur sambil bekerja. Mungkin dari situlah dia bisa nemuin hukum relativitas yang terkenal itu.

TAPI

Sumber terpercaya mengatakan bahwa Einstein SANGAT MENGHARGAI waktu tidurnya, hingga beliau tidur sampai 10 jam per hari. 11 jam per hari apabila beliau bekerja sangat keras terhadap sebuah ide. Wow kok berbeda banget ya dengan mitos2nya... Itu karena beliau berpikir bahwa tidur bisa menjadi refreshing untuk pikiran, dan membantu seseorang menjadi lebih kreatif.

Mungkin karena banyaknya orang jenius (seperti Tesla dan Davinci) yang tidurnya singkat, sehingga orang mengaitkan kejeniusan Einstein dengan pola tidur "orang jenius" lainnya, dan Voila, terciptalah mitos tersebut. So, udah tau kan gan semuanya itu mitos belaka

Kesimpulan :
Waktu Tidur : 10 atau 11 jam / hari
Umur : 76 tahun






Oke gan sekian 7 tokoh yang ane rasa bisa mewakili pola tidur orang-orang hebat di seluruh dunia. Ane ga berhasil masukin tokoh dari Indonesia karena gak nemu, mungkin agan-agan disini ada yang punya info mengenai, misalnya pola tidur Bung Karno? Mari gan kita sharing aja disini



DISKUSI DIBUKA!


SHARE bila dirasa bermanfaat!


RATE sesuai kualitas tulisan ane!


REP jika memang ane pantas!



Thanks For Reading!!







Quote:
BONUS :
Sumber : http://amolife.com/personality/great...leep-less.html

Polyphasic Sleep : https://www.supermemo.com/en/articles/polyphasic

Waktu tidur + daily ritual orang terkenal lainnya : http://hyperallergic.com/117661/how-...nd-their-days/
Spoiler for Daily Ritual:
Great People Sleep Less?? Pola tidur tokoh-tokoh terkenal


Benarkah Einstein tidur 3 jam per hari? : https://www.quora.com/Did-Einstein-s...e-hours-a-year

Bung karno pun bgtu gan
anggota DPR ritme tidurnya bahas juga gans
Quote:Original Posted By yohanes.mns ?
Bung karno pun bgtu gan


ky gmn gan? ada yg tulis jam tidurnya bung karno gt?

Quote:Original Posted By playboobs ?
anggota DPR ritme tidurnya bahas juga gans


kalau yg itu mah malu ane bahasnya...
baru tahu gan, yang tidurnya 3-4 jam umurnya cenderung panjang ya gan?
jadi kesimpulannya kalo kurang tidur itu bikin penyakit apa bikin umur panjang gan?
yang penting jangan sampe sakit atau urusan lain terbengkalai gara" kurang tidur

makanya ane ga bisa ngaskus sering"
Kata-nya yang polyphasic sleep bakalan dibahas gan,kok nggak ada

mau coba nerapin polyphasic,tapi seterpinya bakalan kebentur sama rutinitas

kalau jaman sekarang,semakin jarang tidur semakin terkenal,asal rajin buka sosmed aja pas nggak lagi tidur
Quote:Original Posted By spylight ?
baru tahu gan, yang tidurnya 3-4 jam umurnya cenderung panjang ya gan?


dari datanya si begitu yah gan...

Quote:Original Posted By fuckyourmoral ?
jadi kesimpulannya kalo kurang tidur itu bikin penyakit apa bikin umur panjang gan?


kayaknya tergantung orangnya sih gan..soalnya ad kasus kyk napoleon jd stress karna kurang tidur..jd blm ada kesimpulan pastinya gan

Quote:Original Posted By 442tactician ?
yang penting jangan sampe sakit atau urusan lain terbengkalai gara" kurang tidur

makanya ane ga bisa ngaskus sering"


bener bgt tuh gan...kalau ga tidur tp ttep produktif sih gak masalh yah...

Quote:Original Posted By pitik.oenyoe ?
Kata-nya yang polyphasic sleep bakalan dibahas gan,kok nggak ada

mau coba nerapin polyphasic,tapi seterpinya bakalan kebentur sama rutinitas

kalau jaman sekarang,semakin jarang tidur semakin terkenal,asal rajin buka sosmed aja pas nggak lagi tidur


hehehehe jeli juga si agan... jd ceritanye nih waktu ane ngetik ni trit malem2 ud keburu ngantuk bingit gannn...trus artikelnya (yg di bonus) itu puaannjaaangggg banget...jdnya ane post dulu aja dah tritnya..penjelasan polyphasic sleep ane tunda dulu sampe ada waktu buat bener2 pelajari..jd sementara bole dibaca dulu.ya gan sendiri..hehe drpd ane nulis tp ngacok..nanti ga scientific dong.. klau agan trnyt lebi sempet buat pelajarin boleh gan ditulis disini..nnti ane pajang di postwan

kalau buka.sosmed smp malem mah nnti bangunnya siang gan..ga polyphasic sleep dong...
kalo bobonya ada yg nemenin itungan waktunya sama apa ga gan?
Quote:Apalah gunanya tidur cepet kalau malam begitu terang? marilah kita baru tidur ketika orang2 dan tetangga bangun solat subuh. dan kita bangun ketika orang2 udah selesai makan siang.. maka kita tidur paling puas gann! 10 jam!
ini ane banget gan, bahkan hampir setiap hari
kalo pun ane udah tertidur sebelum jam 10, nanti sekitar jam 1 atau jam 2 pasti tebangun juga.
selama 10 tahun terakhir ini saya tidur 3-4 jam sehari. merasa baik-baik aja sih
ane type kalong malam ..
tidur 4 - 6 jam sehari ..

Ane lebih suka hibernasi gan
ane lebih percaya sama itungan perminggu bray. wkwk

tapi kalau einstein tidurnya segitu lama.. gw ga terlalu percaya..
mungkin dia tidur segitu lama ya di fase dia udah berumur.
kalau sewaktu muda, mungkin ga segitu
bagi yg pengangguran jangan suka begadang. nanti nganggurnya kesiangan
orang paling pinter (Tesla) cuma tidur bentar...
ane tiap hari tidur jam 10 malam bangun jam 3/4 pagi, sore tidur 30-60 menit ,udah bagus belum gan?
ane 8 jam gan
Berarti ane sudah betul. Tidur jam 11, bangun jam 1, tidur lagi jam 4, bangun jam 6

Via: Kaskus.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top