Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan
Quote:

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan

Tak cuma berkutat pada satu genre game, sudah jadi hal yang lumrah apabila sebuah developer kemudian bereksperimen untuk menggarap game dengan genre yang berbeda dari apa yang sudah pernah dilakukan di masa lalu. Inilah yang kemudian terjadi di dalam Guerilla Games.

Developer game asal Amsterdam, Belanda ini dikenal sebagai pembesut dari game shooter Killzone yang notabene tidak masuk dalam hitungan game terbaik yang pernah ada. Bukan berarti kami bilang game tersebut jelek. Hanya saja, Killzone, sebagai game shooter kurang mampu bersanding dengan game serupa semisal Battlefield atau Call of Duty.

Meski begitu, hal ini tidak menghalangi Sony untuk mempercayakan proyek penggarapan game eksklusif mereka ke Guerilla Games. Kesempatan ini pun tidak disia-siakan, karena Guerilla Games membuat game yang berbeda sangat jauh dari Killzone, yakni Horizon Zero Dawn.

Lalu apakah Horizon Zero Dawn mampu mengangkat derajat Guerilla Games itu sendiri? Berikut sedikit review dari detikINET!

Lahir tanpa Seorang Ibu

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan

Horizon Zero Dawn mengisahkan perjalanan seorang gadis bernama Aloy. Meski demikian, kisah perjalanan yang dialami oleh Aloy dalam game sebenarnya cukup membuat terharu siapapun yang memainkannya.

Hal ini karena Aloy, sedari kecil hidup tanpa seorang ayah dan ibu. Bagi kehidupan normal atau di keseharian kita mungkin tidak begitu masalah. Namun, di dalam dunia yang ditempati oleh Aloy, terutama di kalangan sukunya hal ini menjadi masalah yang sangat besar.

Suku tempat Aloy tinggal, yakni Norma, sangat menjunjung tinggi derajat wanita. Kaum Hawa dalam kelompok suku tempat Aloy hadir menempati posisi yang tinggi atau dalam ilmu sosial dikenal dengan istilah matriarki. Karenanya, lahir tanpa seorang ibu dianggap sebagai sesuatu yang hina di antara kalangan sukunya.

Alhasil, Aloy pun dikucilkan, dihina, dan parahnya lagi tak boleh menginjakkan kaki ke desanya. Meski begitu, Aloy tidak sendirian. Beruntung ia ditemani oleh seorang pria yang menjadi mentor dalam hidupnya, bernama Rost.

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan

Sebagai seorang pelindung, Rost banyak mengajarkan hal kepada Aloy, mulai dari berburu, hingga bertahan hidup di tengah dunia yang diisi oleh mesin-mesin berbentuk hewan. Tak hanya berkeal panah, Aloy kecil juga mendapatkan alat bernama Focus.

Focus ini mirip dengan Google Glass atau mungkin alat yang dipakai oleh bangsa Saiyan. Dengan Fokus, Aloy mendapatkan berbagai macam informasi, mulai dari titik lemah binatang mesin, sampai informasi terkait apa yang terjadi di masa lalu.

Lantas bagaiamana dengan nasib Aloy? Apakah Aloy yang beranjak besar bisa diterima eksistensinya di suku? Dari mana mesin-mesin buas itu berasal? Jawabannya bisa Anda ketahui bila memainkannya.


Grafis Canggih

Dalam menciptakan Horizon Zero Dawn, Guerilla Games ternyata tidak menggunakan engine yang sudah ada atau mungkin engine yang dipakai di serial game Killzone dan ini menjadi nilai tambah. Guerilla Games justru menciptakan engine baru yang diberi nama Decima.

Sekadar informasi, engine ini menarik perhatian game designer Hideo Kojima dalam menggarap game Death Stranding. Decima sendiri sebenarnya turut dimanfaatkan oleh developer Supermassive Games sebagai pondasi dalam menggarap game Until Dawn.

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan

Harus diakui bahwa engine Decima berjalan dengan baik di game Horizon Zero Dawn. Selain menawarkan kualitas grafis yang bagus, framerate game berjalan stabil. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan Until Dawn, di mana kami mendapati adanya penurunan framerate selama permainan.

Selain framerate yang berjalan stabil, tentu Horizon Zero Dawn juga menawarkan kualitas grafis yang mumpuni. Bahkan hampir setara dengan Uncharted 4 dan game sekelas dengan grafis ciamik.

Tekstur wajah karakter dibuat sangat rapih. Bahkan ekspresi ketika berbicara seolah melihat karakter manusia sungguhan. Hal ini berlaku baik di cutscene atau ketika bermain. Selain itu efek perpindahan cuaca yang dinamis pun patut diberi acungan jempol.

Perubahan cuaca dan pencayahaan mampu disodorkan dengan baik. Bahkan hal ini turut mempengaruhi karakter yang dimainkan. Semisal Anda berlari dalam hujan, maka percikan air yang ditimbulkan akan terlihat nyata. Suara becek genangan air ketika dilintasi dan akan mengering ketika cuaca sudah cerah. Aloy pun tak akan segan menengadahkan tangan seolah ingin mengetahui apakah hujan turun atau tidak.

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan

Karena Horizon Zero Dawn merupakan game open-world, maka sudah pasti peta yang dihadirkan sangat luas. Hal ini membuat kami sempat berpikir bagaimana menjelajah bila hanya mengandalkan kaki. Namun, hal ini terjawab di beberapa chapter, di mana Aloy bisa mengendalikan beberapa mesin untuk dijadikan tumpangan bak kuda sungguhan.

Walau suku utama yang ada adalah suku Nora, Horizon Zero Dawn juga menghadirkan beberapa suku lain yang menghuni dunia di dalam game, seperti suku Carja. Sejumlah wilayah mampu menampilkan ciri khasnya masing-masing, semisal ada wilayah yang tampil dengan cuaca dingin yang ekstrim, padang pasir, sabana, dan lain-lain.

Terakhir yang tak kalah menarik adalah pembentukan karakter mesin yang menurut kami sangat kreatif. Mesin dalam Horizon Zero Dawn terinspirasi dari beragam hewan yang ada, seperti kuda, banteng, hingga dinosaurus. Mereka dirancang seperti sebuah mesin yang rumit dengan kabel menjuntai, namun tetap mengindahkan estetika.

Perilakunya pun dibuat mirip dengan hewan yang Anda temui di dunia nyata. Mereka akan bersikap waspada ketika Anda dekati bahkan tak ragu untuk menyerang apabila mereka merasa terancam. Namun, adapula hewan yang akan menyerang begitu mengetahui kehadiran Anda.



Quote:

source



Quote:

Sekian thread TS kali ini,seandainya ada kesalahan dalam pembuatan thread, TS mohon maaf dan jika thread yang saya buat bermanfaat bagi anda mohon

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan



emoticon-Toast

emoticon-Rate 5 Star

Horizon Zero Dawn: Pertarungan Manusia dan Mesin yang Mengagumkan



Karena pembahasan masih panjang, supaya tidak kelelahan membacanya saya bagi 2 part dan untuk kelqnjutannya ada di halaman selanjutnya

Quote:


Lanjutan

Sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top