BUBBLE EKONOMI DAN SUBPRIME MORTGAGE

BUBBLE EKONOMI DAN SUBPRIME MORTGAGE

BUBBLE EKONOMI DAN SUBPRIME MORTGAGE
BUBBLE EKONOMI DAN SUBPRIME MORTGAGE

BUBBLE EKONOMI DAN SUBPRIME MORTGAGE

Pada umumnya, orang - orang (termasuk saya) berpikir bahwa sub prime mortgage diakibatkan karena bubble properti. Mmmm... pernyataan itu benar sih, tapi ga selalu benar. Untuk bisa menentukan kapan pernyataan itu benar dan kapan salah, rasanya kita harus bahas satu per satu mengenai bubble, bubble properti dan sub prime mortgage itu sendiri.

Sebenernya di film the big short yang dibintangi salah satunya oleh saya eh brad pitt penjelasannya cukup mudah dimengerti. Cuma mari kita bahas lagi satu - satu yuk biar ada yang bisa gw tulis hahaha....

Kalo menurut wikipedia (halah ga elit bgt sih referensinya wikipedia =D) Gelembung ekonomi adalah perdagangan dalam volume besar dengan harga yang sangat berbeda dengan nilai intrinsiknya.

Kalo dijelaskan dengan kalimat lebih manusiawi, kita ambil contoh jeruk lagi ya emoticon-Big Grin, kalo ada jual beli jeruk dengan volume ratusan juta ton (asumsinya volume besar ya) dengan harga yang seharusnya 1000 tapi jadi 5000. Dampaknya, akan ada batas orang yang mampu beli jeruk. Sehingga permintaan terhadap jeruk jadi menurun. Sesuai dengan hukum ekonomi, harga jadi turun deh.

Well sampai dengan pengertian bubble ekonomi sendiri sih, ga ada yang salah dengan bubble. Dia tidak salah apa2, dia suci bersih tidak mengerti apa2. Kenapa dia selalu disalahkan oleh orang2 (lagi2 termasuk saya emoticon-Big Grin) yang menyebabkan dunia jadi krisis. Dia cuma menyebabkan harga jadi normal kembali loh. Yang tadinya harga jeruk mahal banget sampe 5000 jadi ketemu harga equilibriumnya. Kalo ga balik ke harga semula, siapa yang mau beli tu jeruk. Jadi muncul istilah jeruk makan jeruk dong hehehe


Walaupun ada dampak negatifnya sih dari bubble ekonomi ini, tingginya inflasi adalah salah satunya.

Mmm... inflasi tinggi juga ga selalu parameter negatif sih. Kadang - kadang iya.

Tapi karena kita ga lagi bahas inflasi, kita bahas dilain kesempatan ya. Insya allah emoticon-Smilie


Bukan bubble yang menyebabkan negeri paman sam tahun 2008 yang lalu tuh krisis. Secara langsung, yang menyebabkan krisis di Amerika ya subprime mortgage. Bubble mengakibatkan subprime mortgage, tapi ga selalu (nanti gw jelasin knp ga selalu). Khusus case Amerika, memang bubble menyebabkan sub prime mortgage daaannn sub prime mortgage itu berdampak ke krisis disana.


Terus sub prime mortgage tuh opo broh?

Sabar keleus, ini juga mau dijelasin.

Udah ga sabar neh daritadi lo ngalor ngidul ga jelas.

eerrr iya juga sik. okeh lanjut.


Subprime mortgage sebenernya adalah mortgage yg subprime. halah semakin ga jelas.

Mortgage artinya sendiri adalah hipotek. Berdasarkan KBBI, hipotek adalah kredit yang diberikan atas dasar jaminan berupa benda tidak bergerak rumah salah satunya. Jadi KPR itu adalah salah satu mortgage. Nah subprime arti harfiahnya adalah dibawah prima, sesuatu yang ga prima - prima banget/ga bagus - bagus banget. Jadi kalo digabung, subprime mortgage adalah KPR yang kualitas kreditnya ga bagus - bagus banget deh.

Oke tadi gw mau jelasin kenapa bubble ga selalu mengakibatkan subprime mortgage. Tadi kita udh tau bubble tuh apa, nah kalo pembelian rumahnya itu cash instead of KPR ga akan mungkin bisa ada subprime mortgage. Lah wong ga ada mortgage kok, mana ada subprime mortgage. Tapi bisa ga terjadi bubble? ya bisa2 aja. Mau bayarnya cash atau ngutang, harga jeruknya bisa jadi berkali2 lipat mahalnya kalo dengan kondisi banyak yang butuh jeruk. Yang butuh jeruk 100 orang, nah jeruknya cm 10. Ya pada perebutan lah itu. That's why, bubble nggk selalu menyebabkan subprime mortgage. Setuju? akuurrr....

Nah sekarang kapan dong bubble bisa menyebabkan subprime mortgage?

Kondisi pertama adalah, perdagangan dengan volume besar yang menyebabkan bubble banyak dibiayai oleh hutang. Jelas sih memang, kebanyakan orang beli rumah ya ngutang. Pake KPR.

Kondisi kedua adalah, kreditur (bank) banyak memberikan kredit ke orang yang tidak kompeten. Jadinya banyak yang macet tuh kredit.

Jadi tenang aja, kalo kondisi bubble blm tentu mengarah ke krisis ekonomi. Yang perlu kita khawatirin sebenernya adalah kalo kondisinya bisa menyebabkan krisis. Selebihnya kita lihat dulu apa dampaknya.

Nah gabungin kedua kondisi tersebut ditambah bankir - bankir di Amerika yang kampret - kampret jadilah krisis dunia ini. Iya yang krisis tuh dunia, kecuali Bekasi soalnya beda planet hahaha becanda, karena Amerika memang salah satu negara dengan ekonomi terbesar. sehingga krisis di Amerika menyebabkan efek domino ke perekonomian di seluruh dunia.

jadi begitulah serba serbi bubble dan subprime mortgage emoticon-Big Grin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top