Presiden Berhentikan Arcandra Tahar dari Posisi Menteri ESDM

Presiden Berhentikan Arcandra Tahar dari Posisi Menteri ESDM

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengambil langkah terkait posisi Menteri ESDM Arcandra Tahar. Jokowi memberhentikan Arcandra.

"Presiden memutuskan untuk memberhentikan saudara Arcandra Tahar dari posisi menteri ESDM," ujar Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Senin (15/8/2016). (faj/faj)
sumber : http://m.detik.com/news/berita/32762...i-menteri-esdm


Quote:Presiden Joko Widodo Tunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Plt mentri ESDM

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Pelaksana Tugas Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar.

Arcandra Tahar diberhentikan dengan hormat setelah status kewarganegaraannya menjadi polemik.

Pengumuman soal pemberhentian dan pejabat pelaksana tugas Menteri ESDM diumumkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8/2016) malam.

"Presiden memutuskan memberhentikan dengan hormat Saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM dan menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Bidang Kemaritiman, sebagai Plt Menteri ESDM sampai diangkat menteri baru," kata Pratikno.

Pemberhentian Arcandra efektif mulai Selasa (16/8/2016) pagi.
sumber : http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Kknwp


Bukti dari TV One
Quote:
Presiden Berhentikan Arcandra Tahar dari Posisi Menteri ESDM


Quote:
Metrotvnews.com, Jakarta: Polemik dwi-kewarganegaraan berujung sampai ke Kantor Presiden. Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Menteri ESDM Archandra Tahar.

"Menyikapi pertanyaan publik soal kewarganegaraan Arcandra Tahar. Dan setelah mengumpulkan info dari berbagai sumber, presiden memutuskan memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Taher dari Menteri ESDM," kata Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden, Senin (15/8/2016).

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, tim bentukan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tengah mengkaji persoalan ini. "Tim Menkumham tengah mengkaji," kata Kalla saat melayat di kediaman mendiang Adi Sasono, Jalan Swakarya Bawah, Kompleks Departemen Dalam Negeri, Jakarta Selatan, Minggu 14 Agustus.

Meskipun baru mengenal saat di Indonesia, Kalla memastikan Arcandra orang baik. Kalla akan menunggu hasil kajian dari tim. "Saya baru kenal kemarin, tapi orangnya baik," kata Kalla.

Arcandra sempat membantah tudingan dirinya juga warga Amerika Serikat. Ia mengaku berasal dari Padang, istrinya berasal dari wilayah yang sama. Ia lahir dan besar di Padang.

Pria asal Pariaman itu sudah dua kali mengeluarkan pernyataan terkait kewarganegaraannya. Usai menyambangi Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Sabtu, 12 Agustus 2016, Arcandra menjawab pertanyaan pewarta sembari berkelakar bahwa ia adalah orang Padang. "Kalian tidak lihat muka saya orang Padang?"
sumber : http://m.metrotvnews.com/news/politi...-diberhentikan


Link YouTube pernyataan resmi pemerintah :
Quote:



Quote:Fahri Hamzah : Saya Mohon Presiden Tetap Gunakan Keahlian Archamdra

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap menggunakan keahlian Arcandra Tahar dalam bidang energi. Kekeliruan yang telah dibuat dengan menunjuk Arcandra sebagai Menteri ESDM diharapkan menjadi sebuah pelajaran yang tak terulang.

"Khususnya untuk melakukan proses konsolidasi industri migas kita, atau sektor energi kita yang selama ini diindikasikan terdapat banyak mark up dan kesalahan hitung yang mengakibatkan banyaknya kerugian nasional," kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu saat dihubungi Senin (15/8/2016).

"Jadi saya memohon Presiden tetap menggunakan keahlian dia (Arcandra)," sambung dia.

Menurut dia, ada banyak jabatan yang sesungguhnya tak memerlukan keharusan yang bersangkutan merupakan warga negara asli. Misalnya, untuk mengkonsolidasi blok-blok minyak dan gas baru.

Menurut Fahri, posisi seperti itu sangat cocok dengan keahlian Arcandra.

"Sayang kalo dia sudah ditarik ke indonesia, dari luar kita lihat orang ini ada idealisme, nasionalisme. Saya kira keahliannya tetap harus dipakai," kata Fahri,

Dia pun mengingatkan pemerintah agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam menunjuk pejabat negara.

"Ini harus jadi pelajaran yang penting bagi tim kabinet untuk selanjutnya. Bahwa semua itu sudah ada aturannya terutama untuk memenuhi pejabat setingkat menteri, Undang-Undangnya cukup ketat," ujar Fahri .

Presiden Joko Widodo akhirnya memberhentikan dengan hormat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Senin (15/8/2016) malam. Pencopotan ini menyusul isu dwi-kewarganegaraan yang dimiliki Arcandra.

"Menyikapi status kewarganegaraan Menteri ESDM, setelah mendengar dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Saudara Arcandra Tahar dari posisi Menteri ESDM," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Senin malam.

Sebagai pengganti, Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko Kemaritiman sampai ada menteri ESDM definitif.

sumber : http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Kknwp


Quote:Hanya 20 Hari, Archandra Tercatat Sebagai Menteri Menjabat Paling Singkat

JAKARTA, KOMPAS.com � Presiden Joko Widodo baru saja memberhentikan dengan hormat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Senin (15/8/2016) malam.

Dengan demikian, Arcandra tercatat sebagai orang yang paling singkat menjabat sebagai menteri alias pembantu presiden.

Arcandra menjabat hanya selama 20 hari. Hari pertamanya ditandai saat dia diumumkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Arcandra ditunjuk dan dilantik sebagai Menteri ESDM untuk menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli 2016.

Saat itu, Arcandra mengaku kaget. Sebab, selama ini, dia hanya berperan sebagai teman diskusi Presiden Joko Widodo.

Namun, sekitar 18 hari kemudian, nama Arcandra ramai diperbincangkan publik karena diketahui memiliki paspor Amerika Serikat. Dengan demikian, polemik pun muncul sebab Indonesia tidak menganut sistem dwi-kewarganegaraan.

Polemik ini pun berujung pencopotan Arcandra sebagai menteri. Arcandra lalu tercatat menjadi pejabat pemerintahan dengan posisi menteri, yang paling singkat menjabat.

Sebelumnya, Mohammad Mahfud MD tercatat sebagai menteri paling singkat menjabat, yaitu 21 hari. Mahfud MD dilantik sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 20 Juli 2001 di akhir masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Mahfud MD kemudian meletakkan jabatannya pada 9 Agustus 2001 di masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. Ketika itu, posisi Mahfud sebagai Menkumham digantikan oleh Yusril Ihza Mahendra.

Selain itu, Rizal Ramli juga mencatatkan diri sebagai menteri yang singkat menjabat. Diangkat oleh Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Keuangan pada 12 Juni 2001, Rizal Ramli kemudian meletakkan jabatannya pada 9 Agustus 2001.

Ketika itu, Rizal Ramli menjabat Menkeu pada akhir jabatan Abdurrahman Wahid sebagai presiden.

Rizal Ramli dicopot jabatannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, yang menggantikan Abdurrahman Wahid yang kena impeachment oleh MPR.

Megawati kemudian menunjuk Boediono sebagai Menteri Keuangan yang baru sebagai pengganti Rizal Ramli.

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2016...ngkat.menjabat

==============================

Ini memang preseden buruk dalam mengambil keputusan, semua pihak memegang peranan dalam mengkontribusi terjadinya kasus ini. Terlihat lucu memang. Dan saya fikir dan yakini kasus ini tidaklah populis. Jadi harapan saya, Menteri pengganti nantinya benar2 Capable dan tidak punya masalah yg sama.

Setali tiga uang pada era2 sebelumnya sangat disayangkan banyak orang pintar yg berkarya diluar negeri dan akhirnya kebablasan karena nyaman.

Namun terlepas dari itu semua langkah yang tepat dan berwibawa telah diambil oleh Bapak Presiden Jokowi.

Semoga tidak ada yg memancing di air keruh dalam situasi ini.

Daripada saling membully dan menghujat mari kita baca sejenak pesan Founding Father Indonesia, semoga bisa menginspirasi.
Presiden Berhentikan Arcandra Tahar dari Posisi Menteri ESDM

Amin.

Alhamdulillah Hot Thread
semakin sengit pertarungan,

proyek besar di kemen esdm : perpanjangan ijin freeport, megaproyek blok masela, proyek listrik 35ribu watt,

kue besar yg byk diperebutkan,

semakin jelas ada persaingan di dalam satu pemerintahan republik ini,

ane ngikutin kasus ini sejak papa minta saham, kirakira begini benang merahnya (ane buat dlm bentuk cerita antara kubu muda dan kubu tua)

sebelum kasus
dialog di kubu tua:
bos: kita uda bagus ini posisinya dapat lahan basah di kementrian strategis, jaga yang erat ya, kita main cantik,
karyawan1: siap bos, waktu dekat ini ada proyek pesawat,
karyawan2: siap bos, migas, listrik aman semua

Hal ini menimbulkan keresahan di kubu muda, lalu kubu muda menunjuk karyawan terbaiknya untuk meredam aksi kubu tua,
Bos: pepet terus, kalo bisa bikin gaduh saja, kita yg berkuasa malah mereka yg dapat banyak,
karyawan1: oke bos, saya bikin ribut ini kabinet,

akhirnya karyawan 1 kubu muda menyerang karyawan 1&2 kubu tua hingga membuat kewalahan,

suatu senja di kubu tua,
bos: ini freeport mau perpanjang, peluang bagus untuk kita, tolong dikondisikan,
k2: Agak ribet bos, mereka pake pihak ketiga, ahli nego, saya ada caranya, kalo setuju saya bikin ribut biar diliput media, kebetulan ahli nego ini kurang disukai masyarakat,
bos: oke, usul bagus, silahkan pake cara ini tapi harus rapi,

setelahnya beredar rekaman papa minta saham, bikin heboh seindonesia,

di kubu muda,
bos 1: sial mereka mau ngadu domba, padahal mereka juga pengen kuenya,
ahli nego : gimana ini karir saya bisa hancur, malu saya dijadiin berita,
bos2: jangan kuatir, kita ikuti saja permainan mereka toh di rekaman tdk ada katakata yg membuktikan,

akhirnya kasus papa minta saham tak terbukti, tapi harus dibayar mahal, ahli nego kehilangan karirnya,

setelah ini kubu muda mulai melancarkan serangan maut,

bos2: info A1, ada celah di pelabuhan, tolong konfrontasi,
karyawan 1: oke bos, ini keahlian saya,

karyawan kubu muda lakukan tinjau lapangan hingga pemilik pelabuhan turun tahta,

bos 2: info A1, ada celah di proyek listrik, kita bikin perdebatan di publik,
karyawan 1: oke bos, saya suka debat,

proyek listrik 35ribu watt juga jd sasaran, sampe sekarang masi jadi perebutan siapa operatornya,

bos 2: info A1, Sepertinya ada deal tertentu utk bikin masela jd offshore,
karyawan1: sebenarnya kalo tinjauan keilmuan emang cocok offshore,
bos2 : ya udah kita cari ahli yg bs bilang itu baiknya onshore, saya ada kenalan di amrik konsultan migas,
bos1: bisa saya urus nanti, saya ngikut saja, kita lihat respon di lapangan,
karyawan 1: baik bos, makin senang saya kalo berdebat,

akhirnya megaproyek masela ditetapkan onshore, operator pun harus mendesain ulang,

bos2: perpanjangan ijin freeport kita tunda aja, utk pengalihan sementara, saya sudah punya calon utk rebut posisi pengambil kebijakan,
bos 1: saya ngikut saja, kita liat reaksi kubu sebelah,

di kubu tua,
bos: gila manuver mereka, membatasi pergerakan kita, kita hampir kalah telak, semua mau diambil dari kita,
karyawan 2: saya kabarnya mau diresapel, bisa dibantu bos?
bos: sulit spertinya, mereka kuat sekali, tapi tenang saja kita bisa main dibalik layar, kita liat saja seperti apa akhirnya, freeport taon 2019 akan dibahas lagi, masi ada waktu,
k2: kalau begitu baiklah bos, saya ikut rencana saja,

di kubu muda teriak bergembira karena bisa menempatkan orangnya di posisi pengambil kebijakan,
bos2: tolong kondisikan kebijakan migas dan pertambangan lainnya,
k3: baik bos, saya siap menjalankan amanah,

ketika itu k3 diwawancarai tentang kontrak freeport, dan beri sinyal positif,

di kubu tua,
k2: bos, saya dengar di media, freeport dlm waktu dekat bakal dikasi ijin, kita kecolongan bos,
bos: parah, pantau terus, jangan sampai kecolongan, cari celah yg bisa kita manfaatkan untuk membalikkan keadaan,
k5: kabarnya orang mereka punya kewarganegaraan ganda, ini isu yang menarik sekali,
bos: wah, brilian!!! segera laksanakan,
k5: saya sudah hubungi media, berita ini akan diangkat jd isu nasional,biar kubu sebelah keblinger,

akhirnya isu wn ganda mentri jadi perbincangan hangat, dan mentri esdm hanya sebentar riwayatnya,

ini hasil penerawangan ane,
udah resmi
Rezim terkocak sejak Indonesia merdeka
mayan nyicip bentar
Goblog....yang ngangkat asal melantik menteri

bentar banget yah jadi menteri

siapa gantinya yah
Menteri Ultimate gak sekalian tuh .....

Ngasal apa ya milih mentri nya kemaren..

http://www.kaskus.co.id/thread/57b1c...-menteri-esdm/
horeeee gitu dong pak tegaaas :

etapi yang ngangkat juga kan bliau yah?
Kocak deh wiwi

Ayo kerja kerja kerja


????
Keren banget lho menurut ane kesadaran masyarakat Indonesia terhadap dunia politik.
Mungkinkah ini test the water?
gimana kalo Pak Arcandra ini potensi yg kembali disia siakan Indonesia
BENER JUGA KATA PAK TUA,JIKA JONGOS JADI RRR1 BISA HANCUR TUH NEGERI YANG DIPIMPINNYA,TERBUKTI DALAM HITUNGAN SEMINGGU TERAKHIR SETELAH BANDARA BANJIR,GILIRAN PEJABAT DI CUT....EMANG SANGAT MEMALUKAN........OH NASIB....
Ini yang kecolongan informasi paspor siapa ya? Sekretariat Negara apa BIN sih? *numpang tanya*
Quote:Original Posted By bibirtembem ?
Rezim terkocak sejak Indonesia merdeka



yoi. tapi ente malah malu apa bangga jadi warga indo nih?

Quote:Original Posted By the.pria.tampan ?
Jakarta - Presiden Joko Widodo mengambil langkah terkait posisi Menteri ESDM Arcandra Tahar. Jokowi memberhentikan Arcandra.

"Presiden memutuskan untuk memberhentikan saudara Arcandra Tahar dari posisi menteri ESDM," ujar Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Senin (15/8/2016). (faj/faj)

sumber : http://m.detik.com/news/berita/3276200/presiden-berhentikan-arcandra-tahar-dari-posisi-menteri-esdm

==============================

Langkah yang tepat dan berwibawa


Quote:Original Posted By bibirtembem ?
Rezim terkocak sejak Indonesia merdeka



Asli, baca berita ini gw langsung ngakak
Ini kabinet atau grup lawak sih???



_________
Quote:Original Posted By vanwalker80 ?
BENER JUGA KATA PAK TUA,JIKA JONGOS JADI RRR1 BISA HANCUR TUH NEGERI YANG DIPIMPINNYA,TERBUKTI DALAM HITUNGAN SEMINGGU TERAKHIR SETELAH BANDARA BANJIR,GILIRAN PEJABAT DI CUT....EMANG SANGAT MEMALUKAN........OH NASIB....


Makanya, omongan orang tua itu jangan diremehin. Pada kualat kan jadinya, termasuk sang orang tua itu sendiri.
Kejujuran membawa berkat.
Kebohongan membawa malapetaka.

Bye2 Duo Pasport
mari kita pantau sejarahnya pak luhut panjaitan juga


sekalian gembox dolo
Via: Kaskus.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top