Kapan, Sih, Waktu Sarapan yang Tepat? Mampir Sini!

Kapan, Sih, Waktu Sarapan yang Tepat? Mampir Sini!

Kapan, Sih, Waktu Sarapan yang Tepat? Mampir Sini!
Kapan, Sih, Waktu Sarapan yang Tepat? Mampir Sini!

Gan-sis, pasti kalian semua udah tau kalau sarapan merupakan waktu makan terpenting karena bisa jadi sumber energi bagi tubuh agar bisa beraktivitas seharian. Tapi, mungkin Gan-sis bertanya-tanya, "Kapan sih waktu sarapan yang paling tepat agar dapat memberikan manfaat optimal bagi tubuh?"

Sebenarnya, sepanjang waktu di pagi hari dapat digunakan untuk sarapan. Tapi, kalo Gan-sis ingin mendapatkan manfaatnya yang optimal, ini dia beberapa waktu sarapan yang tepat :

1. Sebelum olahraga
Kapan, Sih, Waktu Sarapan yang Tepat? Mampir Sini!
Menurut Katherine Zeratsky, pakar pola makan dari Mayo Clinic, sarapan sebaiknya dilakukan 1 atau 2 jam sebelum berolahraga. Alesannya nggak lain karena di malam hari, tubuh akan mengalami penurunan glikogen dan kadar gula darah. Karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, seperti buah-buahan; biar tubuh Gan-sis bisa kembali bugar dan siap berolahraga secara maksimal.

2. Setelah olahraga
Kapan, Sih, Waktu Sarapan yang Tepat? Mampir Sini!
Berniat menurunkan berat badan biar keliatan lebih ketje? Maka, pilihlah waktu sarapan setelah berolahraga. Ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Physiology. Penelitian yang ngebagi subjek menjadi 3 kelompok -yaitu kelompok yang sarapan sebelum berolahraga, setelah berolahraga, dan kelompok yang sarapan tanpa berolahraga sama sekali- nunjukkin hasil kalau kelompok yang sarapan setelah berolahraga umumnya tidak mengalami kenaikan berat badan. Jadi, kalo Gan-sis pingin nurunin berat badan dengan cepat, luangkanlah waktu sejenak buat 'ngegares' roti atau buah-buahan setelah berolahraga

3. Satu jam setelah bangun tidur
Kapan, Sih, Waktu Sarapan yang Tepat? Mampir Sini!
Terakhir, buat Gan-sis yang pemales -alias nggak berolahraga di pagi hari #uhuk- sarapan 1 jam setelah bangun tidur terbukti dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Widih, nggak kepagian nih? Jigong aja belum dibersihin emoticon-Wkwkwk Tenang, menurut Cynthia Sass -seorang pakar pola makan-, sarapan sedini mungkin emamng bermanfaat banget buat tubuh. Secara kebiasaan ini bisa mempertahankan tingkat insulin dan gula darah yang diperlukan untuk memulai metabolisme tubuh. Justru., kebiasaan menunda sarapan malah nggak baik lho, karena dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat Gan-sis cenderung memilih makanan tidak sehat sebagai asupan awal.

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

Dari poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa melewatkan sarapan bukanlah pilihan yang tepat dan bijak. Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari jam makan ini. Karena itu, usahakan untuk sarapan sebelum jam 10 pagi biar Gan-sis dapat beraktivitas dan bekerja dengan tenaga yang penuh dan badan yang bugar. Jadi, jangan malas untuk sarapan ya !

Penasaran dengan artikel keren lainnya? Langsung cek TKP gan! emoticon-Ngacir2

Spoiler for Artikel keren lainnya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top