5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika

5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika

Amerika Serikat telah membangun begitu banyak jet tempur besar. P-51 Mustang, F4U Corsair, F-86 Sabre, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon hingga F-22 adalah jet-jet tempur terbaik di dunia yang pernah dilahirkan dari tanah Amerika.
5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika
Tetapi tidak selamanya Amerika sukses dalam membuat jet tempur. Beberapa kali Amerika juga gagal dalam upaya membangun pesawat tempur. Dan berikut beberapa di antaranya.




Spoiler for 1. Bell P-59 Airacomet:
5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika


Bell P-59 Aircomet adalah usaha pertama Amerika untuk membangun jet tempur. Namun, dibandingkan dengan pesawat sezaman seperti Gloster Meteor buatan Inggris dan Messerschmitt Me 262 Jerman , P-59 adalah kegagalan total

Bahkan, selama tes melawan P-38 Lightning, Republic P-47 Thunderbolts dan sebuah Mitsubishi Zero yang berhasil ditangkap ditemukan bahwa P-59 tidak memiliki keunggulan terhadap pesawat-pesawat yang masih menggunakan mesin piston tersebut.

Kecepatan tertinggi P-59 hanya 413 mil per jam yang setara dengan P-38. Pada akhirnya, P-59 hanya sedikit digunakan kecuali sebagai kendaraan uji. Tetapi pesawat ini kemudian menjadi dasar proyek-proyek lainnya yang sukses.

Spoiler for 2. Vought F7U Cutlass:
5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika


Angkatan Laut AS tidak memiliki waktu yang mudah untuk menempatkan jet ke dek kapal induk. Salah satu upaya awal adalah dengan Vought F7U Cutlass. Tetapi pesawat ini sangat kurang bertenaga dengan mesin turbojet Westinghouse J46-WE-8B. Selain itu juga diganggu dengan sejumlah masalah sistem terutama persoalan hidrolika yang bermasalah.

Bahkan pensiunan Angkatan Laut AS Laksamana. Edward Lewis “Whitey” Feightner-mantan pilot Blue Angel- mengatakan kepada Majalah Smithsonian Air & Space bahwa ia langsung mengajukan pengunduran dirinya ketika ia diberitahu tim akan terbang dengan Cutlass.

“Cutlass bisa dibuat menjadi mesin terbang yang cukup baik dengan beberapa modifikasi,” tulis pilot F7U-3 John Moore seperti ditulis The Wrong Stuff, Air & Space. “Seperti ekor konvensional, daya dorong tiga kali lipat, memotong strut nosewheel setengah, benar-benar membangun sistem kontrol penerbangan baru, dan mendapatkan orang lain untuk terbang dengan pesawat itu.”

Spoiler for 3. F-11 Tiger:
5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika


Grumman terkenal untuk membangun beberapa pesawat tempur terbaik Angkatan Laut, tapi F-11 Tiger bukan salah satu dari mereka. Bahkan, F-11 adalah salah satu dari beberapa pesawat dalam sejarah yang ibaratnya berhasil menembak jatuh dirinya sendiri.

Selama penerbangan uji, pilot uji coba Grumman harus melontarkan diri dari pesawat ketika menguji menembakan meriam 20mm yang justru mengenai pesawat sendiri.

Selain ada masalah badan pesawat, F-11 juga didera masalah mesin. Mesin Wright J65-W-14 yang digunakan sangat tidak bisa diandalkan dan membakar gas pada tingkat tinggi. Akibatnya, Angkatan Laut tidak senang dengan Tiger.

Spoiler for 4. F-102 Delta Dagger:
5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika


F-102 Delta Dagger awalnya dirancang untuk bisa terbang pada ketinggian tinggi, interseptor kecepatan tinggi yang akan menghancurkan gerombolan pembom Soviet yang akan menyerang daratan Amerika Serikat dalam kasus Perang Dingin berubah panas.

Desainer membangun jet dengan sayap delta dengan mesin turbojet afterburning Pratt & Whitney J57-P-25, sistem kontrol senjata canggih dan teluk senjata internal. Semua indikasi awal menunjukkan bahwa jet akan menjadi pemain perang yang spektakuler. Tetapi sialnya prototipe pesawat bahkan tidak bisa memecahkan kecepatan Mach 1.0.

Delta Dagger telah mengalami apa yang kemudian fenomena baru ditemukan disebut hambatan transonik. Pesawat harus benar-benar dirancang menggunakan area aturan Whitcomb, yang pada dasarnya menyatakan sebuah pesawat harus memiliki distribusi penampang luas bahkan longitudinal untuk meminimalkan hambatan transonik. Didesain ulang F-102 memiliki konfigurasi “botol Coke”. Beberapa cerita menyebutkan desain pesawat baru sebenarnya terinspirasi oleh sosok aktris Marilyn Monroe daripada botol Coke.

Desain baru F-102 akhirnya bisa melesat pada kecepatan Mach 1,22, tetapi jet tidak pernah benar-benar sesuai dengan harapan. Dan pesawat kemudian menjadi dasar pengembangan F-106 Delta Dart yang sukses.

Spoiler for 5. F-35 Joint Strike Fighter:
5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika


Apaboleh buat, pesawat generasi kelima yang diagung-agungkan Pentagon ini masuk ke dalam daftar pesawat tempur terburuk yang dibangun Amerika. Setidaknya sampai saat ini di mana program berjalan sangat lama dan menghabiskan dana yang sedemikian besar.

Pesawat ini dirancang dengan ambisius di mana satu pesawat bisa menggantikan peran seluruh pesawat yang ada. Kemudian pesawat dipecah dalam tiga varian yakni A yang merupakan pesawat dengan gaya konvensional, C untuk pesawat berbasis kapal induk dan B merupakan pesawat yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal sehingga cocok untuk beroperasi dari kapal serbu amfibi.

Pesawat ini juga mendapat kritikan tajam karena tidak memiliki tingkat manuver tinggi bahkan kalah dengan pesawat tua seperti F-16. Tetapi sejauh ini Pentagon meyakini F-35 Lighting II tetap akan menjadi pesawat yang terbaik. Apakah nantinya benar-benar akan menjadi yang terbaik atau tetap bertahan pada pesawat paling buruk yang pernah dibuat Amerika? hanya sejarah yang akan menjawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top