Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?

Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?

Spoiler for HT #3 2 September 2016:
Wah HT ya bre ? Ngga Nyangka Dah Bisa Ht... Makasih momod Kaskuser di Pageone yang sudah Mengkritik . Kaget dah Thread Gini Bisa Ht Ane Yang Buat Aja Nyesal Sebenarnya Buat.. Kok Kayanya Isinya Kurang Menarik tapi Jadi Ht Juga.



Selamat Datang Di Thread Saya Yang Ke 3 . Kali Ini saya akan membahas tentang apa sih Teknik Elektronika Industri, mulai dari apa itu hingga prospek kerjanya. oke langsung saja masuk ke pembahasan


Quote:Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Apa Itu Teknik Elektronika Industri ?


Teknik elekronika industri adalah bidang teknik yang mempelajari tentang komponen listrik, berbagai macam semikonduktor. Teknik elektronika masuk dalam golongan teknik listrik atau elektro yang menggunakan arus kecil.


Quote: Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Apa Saja Yang Di Pelajari ?

Di Teknik Elektronika Industri ada beberapa materi pokok yang akan di pelajari. Mulai Dari elektronika umum (Mulai dari komponen komponen yang di gunakan beserta fungsinya,Cara Mendesign Layout Pcb, hingga cara mencetak Pcb), mikrokontroler dan juga mikroprocessor, pneumatic dan juga plc, programing berbasis komputer, sampai dengan pemrosesan sinyal.


Quote:Bagaimana Jenjang Pendidikannya ?

Teknik Elektronika Industri bisa dipelajari mulau dari pendidikan Formal Di SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri. Saat ini sudah banyak SMK yang membuka jurusan ini. Lalu setelah lulus anda bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik itu D3, D4, maupun S1 dengan kengambil jurusan elektro dengan konsentrasi Elektronika Industri. Setelah itu juga anda bisa mengambil S2 dan S3 untuk lebih mendalami bidang ini. Sekarang banyak universitas ternama di indonesia yang membuka program S2 dan S3 untuk Teknik Elektronika Industri.


Quote:Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Bagaimana Prospek Kerjanya ?

Prospek Kerja Teknik elektronika Industri Sangat Luas, mengingat sekarang segala sesuatu mengandung elektronik, Bahkan mobil mobil tanbang sekalipun menggunakan elektronik. Jadi bisa di bilang Prospek kerja ada di manapun. agan juga bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri seperti membuka service barang barang elektronik , Atau mungkin Menjual Komponen komponen atau alat alat Elektronika


UPDATE

Quote:Komponen Dasar Di Teknik Elektonika Industri

Spoiler for Resistor:
Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Resistor atau disebut juga dengan Hambatan adalah Komponen Elektronika Pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika. Satuan Nilai Resistor atau Hambatan adalah Ohm (O). Nilai Resistor biasanya diwakili dengan Kode angka ataupun Gelang Warna yang terdapat di badan Resistor. Hambatan Resistor sering disebut juga dengan Resistansi atau Resistance.


Spoiler for Capacitor:
Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Kapasitor atau disebut juga dengan Kondensator adalah Komponen Elektronika Pasif yang dapat menyimpan energi atau muatan listrik dalam sementara waktu. Fungsi-fungsi Kapasitor (Kondensator) diantaranya adalah dapat memilih gelombang radio pada rangkaian Tuner, sebagai perata arus pada rectifier dan juga sebagai Filter di dalam Rangkaian Power Supply (Catu Daya). Satuan nilai untuk Kapasitor (Kondensator) adalah Farad (F)


Spoiler for Dioda:
Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Diode adalah Komponen Elektronika Aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Diode terdiri dari 2 Elektroda yaitu Anoda dan Katoda.


Spoiler for Transistor:
Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Transistor merupakan Komponen Elektronika Aktif yang memiliki banyak fungsi dan merupakan Komponen yang memegang peranan yang sangat penting dalam dunia Elektronik modern ini. Beberapa fungsi Transistor diantaranya adalah sebagai Penguat arus, sebagai Switch (Pemutus dan penghubung), Stabilitasi Tegangan, Modulasi Sinyal, Penyearah dan lain sebagainya. Transistor terdiri dari 3 Terminal (kaki) yaitu Base/Basis (B), Emitor (E) dan Collector/Kolektor (K). Berdasarkan strukturnya, Transistor terdiri dari 2 Tipe Struktur yaitu PNP dan NPN. UJT (Uni Junction Transistor), FET (Field Effect Transistor) dan MOSFET (Metal Oxide Semiconductor FET) juga merupakan keluarga dari Transistor.


Spoiler for IC (Integrated Circuit):
Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
IC (Integrated Circuit) adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan bahkan jutaan Transistor, Resistor dan komponen lainnya yang diintegrasi menjadi sebuah Rangkaian Elektronika dalam sebuah kemasan kecil. Bentuk IC (Integrated Circuit) juga bermacam-macam, mulai dari yang berkaki 3 (tiga) hingga ratusan kaki (terminal). Fungsi IC juga beraneka ragam, mulai dari penguat, Switching, pengontrol hingga media penyimpanan. Pada umumnya, IC adalah Komponen Elektronika dipergunakan sebagai Otak dalam sebuah Peralatan Elektronika. IC merupakan komponen Semi konduktor yang sangat sensitif terhadap ESD (Electro Static Discharge).Sebagai Contoh, IC yang berfungsi sebagai Otak pada sebuah Komputer yang disebut sebagai Microprocessor terdiri dari 16 juta Transistor dan jumlah tersebut belum lagi termasuk komponen-komponen Elektronika lainnya.


Quote:Mungkin Itu Saja Penjelasan Tentang Teknik Elektronika Industri dari saya.

Spoiler for KOMENG KASKUSER:


Quote:Original Posted By yoshitake ?
kalo orang awam yg kampret
biasanya pas nannya, ente kuliah apa
elektronika om
ooo mau jadi tukang servis ye

tukang servis palak lu peyang


Nah ini salah Satu Alasan ane buat Thread Ini .. Selain Faktor Lagi bosan ...

Quote:Original Posted By Azlub ?
Ane lulusan teknik elektronika industri politeknik negeri jakarta tahun ini. anak elektronika industri emang dibutuhin dimana2 gan ehehe. begitu beres Tugas Akhir ane udah di panggil 6 perusahaan dan sekarang ane udah bekerja padahal ane belom wisuda hehe.

pejwan kalo boleh





Spoiler for Sumber:


Spoiler for Buka gan:
Kalau Berkenan Boleh Bagi atau tidak Terima


Quote:
waduh rapihin lagi deh gan trit nya



main ke forum Buat Latihan Posting dulu yah gan
edited
Quote:Original Posted By ba2301 ?
tidak ada pertamax di antara kita


memang tidak ada
Tritnya bagus, hanya saja kurang rapi dan hanyak coding yg salah penempatan.

Keep Ngaskus Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Quote:Original Posted By kirashinigami ?


memang tidak ada


jangan gitu heh
oh gitu ya
Quote:Original Posted By ba2301 ?
tidak ada pertamax di antara kita


jangan gan
Kurang rapih breh
Quote:Original Posted By nagie ?
waduh rapihin lagi deh gan trit nya



main ke forum Buat Latihan Posting dulu yah gan



Quote:Original Posted By benci.kaskus ?
Tritnya bagus, hanya saja kurang rapi dan hanyak coding yg salah penempatan.

Keep Ngaskus Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?


dah ane baikin tuh ,, tadi kebanyakan salah codingnya. buat dari hp jadi ngetik sendiri ..

dulu ane pengen masuk teknik elektro bre, tapi pada akhirnya malah terdampar di teknik informatika
rapihin lagi gan isinya udah keren
udah tau gw coy

gitu doank?


Apa Sih Teknik Elektronika Industri ?
Mungkin ane udah tau gan


Spoiler for Buka gan:
seni aja dah kalo ane mah
Quote:Original Posted By ydhist ?
dulu ane pengen masuk teknik elektro bre, tapi pada akhirnya malah terdampar di teknik informatika

teknik Informatika Bagus Juga Bre

Quote:Original Posted By andarbens ?
rapihin lagi gan isinya udah keren

Oke Gan ,,, Ane Masih Cari Gambar yang Pas Buat Pembahasannya ...


Ane kaga sekolah bre
Bawah ane sering kesetrum gar2 sok tau kelistrikan
gemboked


atas ane kang PLN gadungan
Via: Kaskus.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top